Tempat Wisata di Buton Tengah, Mulai Gua Hingga Pantai Eksotik

Tempat Wisata di Buton Tengah, Mulai Gua Hingga Pantai Eksotik

pantai eksotik

Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara ternyata menyimpan banyak wisata alam yang terlampau indah dan menarik. Buteng terdapat di beberapa wilayah Pulau Muna dan pulau kecil Kabaena. Daerah ini terdiri berasal dari 7 kecamatan, 10 kelurahan dan 67 desa dengan luas wilayah 958,31 km² dan kuantitas penduduk sebesar 118.907 jiwa catatan pada 2020. Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Sulawesi Tenggara, Belli Harli Tombili menyatakan selain wisata bahari dengan pantainya yang terlampau menawan, Buteng juga di juluki negeri 1.000 gua.

Menurutnya, sektor pariwisata bisa jadi penghasil devisa terbesar untuk menambah kesejahteraan masyarakat, bahkan berkontribusi pada pendapatan ekspor, penciptaan lapangan kerja, pengembangan usaha, dan pembangunan infrastruktur negara. ‚ÄúPembentukan dan pengembangan pariwisata didalam memajukan daerah mencakup tiga segi penting, yaitu atraksi, amenitas, dan aksesibilitas. Atraksi maksudnya keunikan dan ciri khas sehingga wisatawan tertarik dan mengunjungi wilayah wisata,” kata Belli Harli Tombili. Berikut beberapa saran daerah wisata di Kabupaten Buton Tengah:

1. Pantai Wantopi

Pemandangan pantai di di dalam Teluk Lasori, Kecamatan Mawasangka Timur, ini terlampau memanjakan mata. Pantai ini bisa di tempuh di dalam waktu 1 jam 15 menit berasal dari pelabuhan Raha, Pantai Wantopi ramai di kunjungi tiap liburan akhir pekan oleh wisatawan lokal maupun berasal dari luar pulau. Letaknya yang berada di di dalam teluk, Pantai Wantopi tidak segera berhadapan dengan ombak ataupun gelombang laut, sehingga bisa menikmati situasi laut dengan air yang tenang.

2. Gua Bidadari

Keindahan panorama dengan sorotan cahaya alami mengakibatkan Gua Bidadari jadi sasaran untuk pasangan yang mengidamkan mencari wilayah prewedding. Gua yang berada di desa Wadiabero ini dikunjungi gara-gara di kenal dengan kolam biru di dalamnya.

3. Pantai Mutiara

Pantai dengan hamparan pasir putih bersih ini terdapat di desa terpencil Gumanano, sebagai keliru satu unggulan di Buteng, yang di resmikan pada 2015. Pasir putih di padukan warna laut yang hijau kebiruan memberikan panorama alam yang terlampau menakjubkan. Umumnya pengunjung berburu spot paling baik waktu sunset.

4. Gua Laumehe

Dari hasil penelitian UGM, gua yang terdapat di desa Wantopi ini punyai ornamen terlengkap sampai terpilih jadi keliru satu nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards 2022, untuk kategori Olahraga dan Petualangan. Ornamen berbentuk stalagmit dan stalaktit mengakibatkan Gua Laumehe di sukai wisatawan mancanegara. Gua ini tenar penuh dengan tantangan. Wisatawan bisa menelusuri gua sampai ke bagian terdalam yang jaraknya raih 86 meter.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *