Sejarah Kota Tua Jakarta, Jantung Ibu Kota di Masa Lampau

Kota Tua Jakarta yakni salah satu ikon liburan ibu kota yang sarat akan skor sejarah. Kisah sejarah Kota Tua Jakarta menarik untuk diketahui lantaran terkait dengan kelahiran Jakarta.

Wilayah Kota Tua Jakarta memiliki banyak destinasi liburan sejarah. Banyak bangunan bersejarah yang telah berdiri sejak zaman dahulu serta masih kokoh hingga ketika ini.

Beberapa diantaranya yakni Museum Fatahillah, Museum sbobet indonesia Bank Indonesia, Musem Bank Mandiri, Jembatan Kota Intan, Pelabuhan Sunda Kelapa, Menara Syahbandar, dan sebagainya.

Nah, mengunjungi tempat-tempat bersejarah tersebut kian afdol jika pelancong memahami secara singkat sejarah Kota Tua Jakarta.

Sejarah Kota Tua Jakarta

merangkum sejarah Kota Tua Jakarta sebagai berikut. Agar mudah memahami sejarah Kota Tua Jakarta, karenanya kita bisa merunutnya menurut jangka waktu pendudukan.

Dion P. Sitohang dan Iwan Solihin (2011) dalam Sejarah Singkat Kota Jakarta, menceritakan, bahwa Kota Tua Jakarta juga diketahui sebagai Kota Batavia Lama atau Oud Batavia. Wilayah ini dulunya yakni pusat pemerintahan Batavia, dengan luas kawasan sekitar 15 hektare.

Tidak jauh dari kawasan Kota Tua Jakarta, terdapat pelabuhan Kerajaan Sunda, yakni Pelabuhan Sunda Kelapa atau Pelabuhan Sunda Kalapa yang berlokasi di muara Sungai CIliwung.

Sementara, ibu kota Kerajaan Sunda yang diketahui sebagai Dayeuh Pakuan Pajajaran atau Pajajaran (kini Bogor) bisa ditempuh selama dua hari perjalanan dari Pelabuhan Sunda Kelapa.

Pada abad ke-12, Pelabuhan Sunda Kelapa diketahui sebagai pelabuhan lada yang sibuk. Kapal-kapal asing dari China, Jepang, India, berlabuh di pelabuhan ini dengan membawa barang dagangan seperti porselen, kopi, sutra, kain, dan sebagainya untuk ditukar dengan rempah-rempah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *