Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi dan Solusinya

Pernahkah kamu ketika sedang mengisi aki, tetapi aki motor tidak bisa diisi? Kita harus tahu penyebab aki motor tidak mengisi dan apa solusinya. Pada kali ini kita bisa mengetahui berbagai penyebabnya juga solusi yang akan ditawarkan.

Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi dan Solusinya

Aki adalah sebuah  komponen dasar untuk menyalakan mesin mobil atau motor. karena fungsi utamanya sebagai penyuplai daya, jika aki mati maka kendaraan juga tidak akan bisa menyala.

Penyebab aki tidak mengisi ini ada banyak faktor.-faktor yang menyebabkan aki sulit diisi ini dibagi menjadi faktor luar dan faktor dalam.

Penyebab dari  Aki Rusak 

Ada banyak penyebab dari kerusakan aki, ini beberapa masalah  penyebab aki tidak mengisi atau aki tekor.

1.  Bagian Spul Aki Bermasalah

Spul adalah salah satu komponen dalam aki yang tugasnya menghantar listrik dari magnet yang digerakan. Jika spul ini bermasalah, maka aliran listrik pada aki tersendat dan aki tidak bisa digunakan.

Penyebab aki motor tidak mengisi ini bisa dideteksi  dengan cara mengukur tegangan arus listriknya. Alat yang digunakan bernama multitester, dan jenis arus AC.

2. Bagian Kiprok yang Rusak

Kiprok dan spul ini berkaitan satu sama lain, karena fungsi kiprok sendiri adalah menyesuaikan besar kecil tegangan listrik ke aki. Jika arusnya besar, nanti akhirnya tidak akan baik.

Oleh karena itu, penyebab aki tidak mengisi salah satunya dari kiprok yang rusak. Untuk mengeceknya, kita harus melakukan pemeriksaan . jika sudah terdeteksi rusak, kita bisa menggantinya dengan yang baru.

3.  Aki yang Tidak Bersih

Kebersihan aki ini bisa menyebabkan aki tidak bisa mengisi. Oleh karena itu, kamu harus memantau secara berkala kebersihan dari aki. Biasanya bagian yang kotor ada di sektor terminal.

Nantinya  senyawa asam sulfat bisa memicu timbulnya karat yang menyebabkan penyetruman. Sehingga aki tidak bisa bekerja secara maksimal lagi.

4. Modifikasi yang Terlalu Berlebihan 

Penyebab aki motor tidak mengisi selanjutnya adalah modifikasi kendaraan, terutama bagian lampu, dan klakson. Sebenarnya lebih baik mengganti lampu jika sudah hampir redup, atau jika ada masalah tertentu. 

Alasan lain banyak orang yang memodifikasi lampu adalah meningkatkan fungsi estetik pada motor. Jika ada penambahan lampu, biasanya dilakukan oleh motor vespa.  Sama dengan lampu, klakson juga diganti untuk menambah kesan maskulin pada motor atau mobil.

Akan tetapi, penyebab aki tidak mengisi inilah yang dapat menambah beban listrik pada kendaraan. Apabila aki tidak mampu, hasilnya aki mengalami tekor.

5. Ketidaksempurnaan Bore Up

Salah satu modifikasi yang sering dilakukan oleh pengendara motor, salah satunya adalah melakukan bore up. Bore up ini fungsinya untuk memperbesar cc mesin motor. 

Namun, sayangnya bore up yang dilakukan secara tidak sempurna menjadi penyebab aki motor tidak  mengisi. Hal ini dapat terjadi karena kompresi mesin  tidak diikuti spul.

Hasilnya listrik tidak bisa berjalan optimal dan menyebabkan aki menjadi tekor.

Solusi yang Ditawarkan

Solusi untuk mengatasi masalah aki yang susah diisi, yang pertama dengan cara membersihkan aki. Kemudian cara kedua  dengan cara pengecekan berkala, apakah aki ini masih bisa digunakan atau tidak. Jika tidak solusi terakhir yang harus digunakan adalah menyetrum aki, apabila masih tidak berhasil bisa membeli aki yang baru. 

Itulah penyebab-penyebab aki motor tidak mengisi. Kamu bisa mengecek aki di kendaraanmu apakah masih bisa berfungsi dengan baik atau tidak.

Leave a Reply