Kecamatan Harian, Replika Monako Jadi Tujuan Tepat Pecinta Wisata Alam

Kecamatan Harian, Replika Monako Jadi Tujuan Tepat Pecinta Wisata Alam

Jika menyebut kata Monako pastinya akan langsung mengingatkan kita pada salah satu tujuan wisata kelas dunia yang ada di Eropa. Sebuah negara di wilayah Eropa yang masih menerapkan sistem  kerajaan ini terkenal sebagai tujuan wisata bagi masyarakat dunia dengan level ekonomi tingkat atas  dan lebih di kenal dengan sebutan \” The Billionaire\’s Playground\”.

Sebagai negara dengan wilayah administrasi terkecil kedua di dunia setelah Vatikan negara ini di karuniai keindahan alam luar biasa yang menjadikannya sangat layak di jadikan sebagai tujuan wisata kelas dunia. Siapa yang tak kenal dengan laut mediterania? Kalian dapat dengan mudah menikmati keindahan dan pesona Laut Mediterania yang menakjubkan jika berkunjung ke negara ini karena lokasinya yang berada di tepian Laut Mediterania. Perpaduan keindahan pegunungan, perbukitan, pantai, dan lautan yang memukau menjadikan negara ini wajib di kunjungi setidaknya sekali seumur hidup oleh masyarakat.

Kecamatan Harian, Replika Monako Jadi Tujuan Tepat Pecinta Wisata Alam Halaman 1 - Kompasiana.com

Namun, kini tak perlu jauh-jauh melakukan perjalanan ke Eropa apabila ingin menikmati perpaduan lanskap alam bak Monako yang memukau. Pasalnya kini terdapat hidden gem di salah satu kecamatan di Kabupaten Samosir. Kecamatan Harian yang memiliki keindahan layaknya negeri Monako. Kecamatan Harian yang menjadi salah satu kecamatan yang berada di Kawasan Wisata Danau Toba nyatanya memiliki lanskap alam yang dapat di katakan sebagai replika dari Monako.

Jika Monako berada di tepian perairan laut mediterania maka Kecamatan Harian berada di pinggiran Danau Toba. Tak hanya mampu menyuguhkan pemandangan danau toba yang indah. Kecamatan Harian yang memiliki latar belakang pegunungan dan perbukitan yang memikat nyatanya juga menyimpan segudang potensi wisata alam yang patut mendapatkan perhatian.

Dengan lanskap alam yang didominasi oleh perbukitan (43%), pegunungan (30%) menjadikan semua sudut di kecamatan ini menjadi sangat cantik apabila di pandang.  Dari 31 wisata alam yang di miliki oleh Kabupaten Samosir, 8 diantaranya berada di Kecamatan Harian. Kali ini penulis akan membagikan informasi dari 3 wisata alam di Kecamatan Harian yang wajib di kunjungi bagi pecinta wisata alam, yaitu :

Selain Danau Toba yang menjadi ikon wisata di Medan, masih terdapat cukup banyak wisata alam lain yang menjadikan Medan layak di sebut sebagai negeri kepingan surga, salah satunya adalah Air Terjun Sampuran Efrata. Air terjun ini berada sekitar 173 km dari arah timur Kota Medan atau sekitar 20 km dari pusat kota Kabupaten Samosir. Hanya di butuhkan waktu sekitar 15 menit untuk berkunjung ke Air Terjun Sampuran Efrata dari Menara Tele, salah satu tujuan wisata yang menawarkan pemandangan air terjun dari atas awan.

Karena lokasinya yang berada di kawasan hutan alami pengunjung di haruskan untuk menyusuri area hutan Samosir terlebih dahulu sebelum dapat mencapai dan menikmati keindahan air terjun ini. Namun, tidak perlu khawatir berkat aksesnya yang sudah sangat memadai tidak ada rintangan berarti yang harus di hadapi pengunjung apabila ingin berkunjung ke air terjun ini. Pemandangan sawah dan perbukitan menjadi hiasan yang siap memanjakan mata pengunjung selama perjalanan menuju air terjun ini.

Bagaikan berlian yang tersembunyi di balik bebatuan, pengunjung akan menemukan air terjun ini di balik indahnya area perbukitan Samosir. Air terjun ini mengalir dari ketinggian 26 meter yang terjun melalui tebing-tebing terjal yang menjadi latar belakang air terjun ini. Dengan sbobet login ketinggian yang mencapai 26 meter tebing-tebing ini mampu menyajikan pemandangan yang tak biasa. Keunikan bentuk bebatuannya yang bagaikan di pahat secara manual oleh tangan manusia.

Airnya yang berasal dari sungai yang terletak di atas perbukitan Samosir menjadikan air terjun ini di karuniai oleh air yang dingin dan menyejukkan bagi siapapun yang merasakannya. Ciri khasnya sebagai air terjun alami yang di kelilingi oleh area hutan memungkinkan pengunjung mendapatkan kesempatan untuk berjumpa dengan beberapa jenis satwa yang hidup di area hutan ini. Ada cukup banyak jenis aktivitas wisata yang dapat di nikmati oleh pengunjung di air terjun ini, seperti berenang, fotografi, hingga trekking.

Meskipun Air Terjun Efrata berada di kawasan hutan dan perbukitan, tetapi tidak perlu khawatir soal fasilitas pendukung yang tersedia di sini. Pasalnya, air terjun ini sudah di lengkapi dengan fasilitas pendukung wisata yang mumpuni, mulai dari area parkir, pondokan, tempat makan, hingga kamar mandi yang di lengkapi dengan fasilitas shower.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *