Doa Walimatussafar Haji dan Makna, Begini Sejarahnya di Indonesia

Walimatussafar haji adalah sebuah kebiasaan yang dilaksanakan oleh calon jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci. Adat ini berupa syukuran atau selamatan yang melibatkan keluarga, sahabat, dan tetangga. Tujuan dari walimatussafar haji adalah untuk memohon doa dan ridho sebelum memulai perjalanan ibadah haji.

Doa walimatussafar haji biasanya dipanjatkan selama acara tasyakuran ini berlangsung. Doa ini memohon keselamatan, kebarokahan, dan kemudahan bagi calon jemaah haji dalam melaksanakan ibadahnya. Selain membaca doa, walimatussafar haji juga sering kali diisi dengan ceramah agama, pengajian, dan ramah tamah.

Di Indonesia, kebiasaan walimatussafar haji sudah ada sejak tahun 1970-an dan semakin populer. Calon jemaah haji mengadakan acara ini untuk mengumpulkan orang-orang terdekat dan memohon ridho sebelum berangkat. Selain doa walimatussafar haji, acara ini sering kali diisi dengan musik hadrah, pembacaan ayat suci Alquran, dan sambutan dari calon jemaah haji.

Mengetahui Acara Walimatussafar Haji

Doa walimatussafar haji adalah doa yang umum dibacakan dikala seseorang hendak melaksanakan perjalanan haji ke tanah spaceman slot suci. Doa ini mengandung kemauan agar calon jemaah haji diberi keselamatan, kebarokahan, dan kemudahan dalam melaksanakan ibadahnya. Acara walimatussafar haji biasanya dilaksanakan dalam wujud syukuran atau tasyakuran yang dihadiri oleh keluarga, sahabat, dan tetangga terdekat.

Makna dari doa walimatussafar haji mencerminkan kemauan untuk perjalanan yang penuh barokah dan keselamatan. Lewat doa ini, calon jemaah haji minta perlindungan kepada Allah SWT serta memohon agar setiap langkah dalam melaksanakan ibadah haji diberi kemudahan dan kelancaran. Doa ini juga menjadi bagian penting dalam kebiasaan tasyakuran atau syukuran sebelum berangkat haji.

Apakah doa walimatussafar haji terkait dengan kemabruran ibadah haji?

Secara lantas, doa ini bukanlah jaminan kemabruran, tetapi adalah permohonan dan kemauan agar perjalanan ibadah haji berjalan layak dengan agenda dan berbuah kebaikan. Dalam hal ini, doa walimatussafar haji dapat dianggap sebagai permohonan untuk mendapat kemudahan dalam melaksanakan rukun haji serta minta perlindungan dari segala halangan selama berada di tanah suci.

Mengetahui dan memahami doa walimatussafar haji penting bagi setiap muslim yang akan berangkat haji. Doa ini bukan hanya sekadar kebiasaan, tetapi sebuah wujud rasa syukur dan kemauan untuk keselamatan dalam menjalani perjalanan spiritual yang sakral. Bagi banyak orang, momen tasyakuran ini juga menjadi kesempatan untuk berkumpul dengan keluarga dan sahabat, mempererat tali silaturahmi, dan mendapatkan doa ridho sebelum berangkat ke tanah suci.

Dari buku Ensiklopedia Fiqih Haji dan Umrah oleh Gus Arifin, diceritakan bahwa walimatussafar haji adalah asal kata dari walimah yang berarti jamuan atau pesta. Istilah ini kemudian diterapkan untuk menggambarkan kebiasaan selamatan atau tasyakuran sebelum berangkat haji. Pada acara ini, para tamu diundang untuk berdoa bersama dan menyantap hidangan sebagai wujud rasa terima kasih dari calon jemaah haji.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *