Deretan Tradisi Tarawih Unik di Indonesia, dari yang Hanya 10 Menit sampai 8 Jam

Salat tarawih merupakan salat sunah yang dilaksanakan hanya waktu Ramadan tiba. Beberapa tempat di Indonesia ternyata memiliki formalitas unik dalam pelaksanaan salat tarawih.

Salat tarawih dilaksanakan setelah salat Isya. Memiliki 8 sampai 20 rakaat, salat tarawih dilanjutkan dengan salat witir di akhir ibadah.

Selain sebagai ibadah, salat tarawih juga sama dengan berbagai formalitas uniknya. Mengutip dari berbagai sumber, selanjutnya sebagian formalitas tarawih unik di Indonesia:

1. Salat Tarawih Kilat (Blitar)

Pondok Pesantren (Ponpes) Mambaul Hikam di Desa Mantenan, Kecamatan Udanawu, Blitar memiliki formalitas salat tarawih yang telah dilaksanakan sejak dulu. Salat tarawih di sana dilaksanakan secara kilat, yaitu hanya dalam waktu 10 menit saja.

Konon, formalitas ini telah berusia lebih dari satu abad. Tradisi gates of olympus ini memiliki tujuan supaya penduduk yang telah bekerja seharian tidak meninggalkan salat tarawih di bulan Ramadan.

2. Tradisi Tarawih 8 jam (Magetan)

Jika di Blitar ada salat tarawih kilat, formalitas sebaliknya justru berjalan di Magetan. Salat tarawih di Magetan berjalan sepanjang 8 jam penuh yang dilaksanakan setelah salat isya sampai menjelang sahur. Tradisi unik ini dilaksanakan di Masjid Darussalam Ponpes Al Fatah, Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Durasi selanjutnya berjalan gara-gara dari rakaat pertama sampai ke-20, imam bakal membacakan 30 juz Al-Qur’an. Artinya, setiap rakaat, imam bakal membaca 1-2 juz dalam waktu 24 menit.

Karena waktunya lumayan lama, salat tarawih selanjutnya diimami oleh 10 imam yang bakal bergantian memimpin salat. Pergantian imam dilaksanakan setiap selesai membacakan 2 juz Al-Qur’an.

Urak Wedalan
3. Tradisi Urak Wedalan (Kudus)

Masyarakat Kudus memiliki formalitas salat tarawih yang dikenal dengan urak wedalan. Nama formalitas ini memiliki makna kayu sedekah.

Tradisi unik ini dilaksanakan selepas tarawih. Para panitia masjid bakal membagikan jajanan pasar kepada para jemaah.

. Salat Tarawih Dini Hari

Umumnya. Salat tarawih dilaksanakan usai salat Isya. Namun di Masjid Kauman, Yogyakarta, salat tarawih justru dilaksanakan terhadap dini hari, tepatnya terhadap pukul 02.00 dini hari.

5. Satu Hari, Satu Juz

Ramadan memang waktu yang tepat untuk memaksimalkan ibadah. Hal ini pula yang berjalan di sebagian masjid di Indonesia.

Usai jalankan salat tarawih, mereka bakal membaca satu juz Al-Qur’an. Dengan jumlah 30 hari puasa, maka terhadap akhir bulan Ramadan jemaah bakal khatam Al-Qur’an. Hingga kini, formalitas ini jadi tren setiap moment Ramadan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *